Zending Islam Indonesia dan Guru Kitab Sibarani - Alumni Zending Islam Indonesia

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Rabu, 11 April 2018

Zending Islam Indonesia dan Guru Kitab Sibarani

ALUMNI ZENDING ISLAM -- Selain Masjid Raya Al-Mashun yang berada di Jalan Sisingamangaraja Medan, ada sebuah masjid lagi yang juga memiliki nilai historis namanya “Masjid Zending.” Masjid Zending berada dalam naungan Yayasan Zending Islam Indonesia dengan pendirinya Haji Guru Kitab Sibarani, seorang Kristolog, Penyebar Islam di Toba Porsea, Sumatera Utara.

Kiprah Zending Islam Indonesia (ZII) di Medan, Sumatera Utara mulai dikenal tatkala Haji Guru Kitab Sibarani mengikuti Kongres Umat Islam se-Indonesia di Solo pada tahun 1949. Hasil kongres menunjuk beliau agar menyiarkan Islam di Sumatera Utara, khususnya di Toba.

Kemudian agar penyebaran Islam lebih progres, Haji Guru Kitab Sibarani membuat Yayasan ZII (Zending Islam Indonesia) dan bergabung dengan organisasi keagamaan yang lebih dahulu berdiri di Kota Medan seperti Al-Washliyah, Muhammadiyah, dan Al-Ittihadiyah.

Berdasarkan catatan Drs. H. Abdullah Sinaga (murid H. Guru Kitab Sibarani), Zending Islam Indonesia (ZII) dahulu masih menumpang di Panti Asuhan Al-Washliyah Tanjung Mulia pulau Brayan.

Kemudian, tanggal 22 Oktober 1951 ZII pindah ke Jalan Sisingamangaraja No. 11 A, Medan (sampai sekarang). (Jurnal Penelitian, Medan Agama, Edisi 8, Desember 2008).

Baca selanjutnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages